Mengupayakan keberhasilan adalah juga OTOMATIS upaya menghindari kegagalan

Selasa, 23 Desember 2014

Kebanyakan Gengsi Jadi Jauh Dengan Rezeki


Kamu sudah lulus? Masih nganggur saja?
Pasti malu ya? Atau enggak?

Saya rasa kalau kita masih normal, pasti punya malu ketika sudah dikuliahkan jauh-jauh (dengan biaya yang tidak sedikit), pulang cuma nongkrong di rumah bantu nyuci, nyapu. gak mau kerja inilah, kerja itulah, karena tidak sesuai dengan jurusan kuliah.
Satu hal yang pasti, tidak ada ajaran Agama yang mengharuskan seseorang dapat rezeki berdasarkan jurusan kuliah. Bilang saja gengsi (gengsi yang tidak kita sadari).

Aku kan orang berkecukupan, nggak ngapa-ngapain juga nggak kekurangan.
Eh, iya juga si. Mungkin kalau kamu dilahirkan dari orang tua yang berkecukupan ndak masalah ya. Itu si terserah kamunya. Urusanmu.
Cuma nih ya. Biasanya, seseorang kalau nggak merasa kepepet itu bakal jadi pemalas. Kalau kita di rumah saja merasa nyaman, nggak ngapa-ngapain juga nggak pusing. Ya, otak kita biasanya nggak banyak berkembang. Stuck.
Menunggu memang membosankan, menunggu lamaran kerja diterima misalnya. Tapi jiwa-jiwa yang kreatif pasti tak mau cuma jadi penunggu yang setia tanpa gerakan.
Banyak tuh teman-teman saya yang lulusan IT pada lagi kerja jualan di pasar, trotoar jalan, online. Mereka nggak mau cuma diam menunggu.
Apa? Masih mau bilang nggak sama dengan jurusan kuliah? Gengsi saja digedein. Rasa malu pada orang tua dong semestinya yang digedein.
Tapi, mungkin bagi orang tua yang berkecukupan nggak rela juga si kalau anaknya kerja serabutan buat nunggu lamaran yang ‘entah kapan diterima atau tidak’. Kalau memang di tempat kelahiran kita peluang kerjanya sedikit, ya kenapa tidak berupaya mencari di tempat lain.
Kalau kita percaya Allah maha kaya. Kalau kita berani. Nekad saja pergi merantau. Pastikan dulu sudah ada kerjaan (kalau masih takut kelaparan), walau baru sekadarnya.

Gimana nyari kerjanya?
Kan banyak situs online yang nyediain info peluang pekerjaan. Nggak harus sama dengan jurusan kuliah, yang penting kerja dulu. Sambil terus kirim-kirim lamaran pas sudah di tempat rantau. Atau tanya-tanya ke teman kita pas dulu masih di tempat rantau.
Yang penting cukup dulu buat biaya hidup sehari-hari sama sewa kos. Buang dulu kebiasaan boros karena terbiasa tiap bulan dapat uang saku. Dan yang lebih penting lagi, buang jauh-jauh gengsi kita wahai teman sebaya.
Ini si cuma buat mereka yang pemberani dan kuat mental. Kalau mental kita belum kuat, mending pikir-pikir dulu deh. Takutnya nanti gantung diri di kamar kos karena malu dicibir orang.
Duh, gimana mental kuat, kan aku hidup selalu berkecukupan, apa-apa selalu disedia’n. Kalau nanti aku begini gimana? Kalau nanti aku begitu gimana? Kan ini, kan itu.
Ya sudah, itu si pilihanmu. Mau jadi apa kamu kan tergantung apa yang kamu lakukan. Selamat menikmati apa pun pilihanmu. :)

****
Note; Buat kamu yang masih lama kuliah, nih ya saya kasih sedikit gambaran.
Banyak anak-anak yang sudah lulus kuliah tapi susah punya kerjaan, karena temannya cuma itu-itu saja.
Biasanya itulah risiko dari mereka yang kalau kuliah cuma berangkat, duduk manis, ngerjain tugas, ikut semesteran, ngerjain skripsi, jalan-jalan seneng-seneng doang. Dan tidak mulai membangung relasi saat di bangku kuliah, alias nggak banyakin kenalan dengan orang yang udah pada bekerja. Alias, temanya cuma gerombolan kuliahnya semata. Alias tidak aktif dalam organisasi/komunitas. Tidak harus komunitas kampus, di luar kampus juga tak masalah, yang penting yang bisa nambah pengalaman.

Kuliah itu penentu awal kita bakal mudah dapat peluang kerja atau tidak. Kalau kita kuliahnya cuma ‘begitu-begitu saja’, ya pengalaman yang kita dapat selama kuliah ya gitu-gitu saja (Seneng-seneng bareng temen, jalan ke sana, jalan ke sini, giliran udah waktunya cari kerja cuma jalan di tempat).
Aku pendiam, aku susah punya kenalan.
Nggak papa kok jadi pendiam, yang penting mau punya banyak kenalan. Nggak papa kok kalau di perkumpulan cuma diam, yang penting banyak punya teman. Tak perlu mempersulit diri dengan ketidakberdayaan kita untuk memikat banyak orang dengan ucapan/tindakan, yang penting kita mulai mau bergerak. Punya banyak kenalan.

                                                                        ***
Pendiam tak apa, yang penting bukan pemalu dan suka minder.
Lagian sekarang juga zaman serba online. Kalau di dunia nyata malu-malu punya teman, manfaatkan dunia maya buat banyak relasi. Yang penting kita bisa banyak pengalaman, jadi lebih kreatif, jadi lebih bisa dapat banyak peluang. Tapi ya bukan cuma buat urusan cinta-cintaan, lebih ke bagaimana kita tahu dunia yang lebih luas. Bukan cuma sekadar kelas, kamar kos dan senyum/ketawa bareng teman-teman seperjalanan.

                                                                        ***
Semoga kita tidak termasuk orang yang gengsinya seluas dan setinggi Pegunungan Himalaya yak. Semangat Sore, selamat berjuang teman sejawat. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar